Skip to main content

Hukum Menjalankan Puasa Ramadhan

Hukum Menjalankan Puasa Ramadhan

Hukum puasa ramadhan adalah wajib dilaksanakan bagi umat islam. Wajib berarti harus dijalankan dan bila ditingalkan akan mendapat dosa. Namun jika bukan beragama islam maka tidak wajib menjalankan Puasa ramadhan.

Dalam Pelaksanaanya Puasa ramadhan terdapat beberapa kriteria Syarat wajib yang harus dipenuhi. Jika tidak memenuhi kriteria syarat wajib tersebut puasa ramadhan juga tidak sah dilaksanakan.

Puasa Ramadhan juga sebagai implementasi pelaksanaan salah satu dari rukun islam yang ke empat. Dalil mengenai Hukum puasa ramadhan telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Al-baqarah ayat 183 yang berbunyi. 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, 
Serta dalam hadist nabi Muhammad yang berbunyi:
”Islam di bangun atas lima perkara: bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan ibadah haji dan puasa pada bulan ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam riwayat muslim: “Puasa pada bulan ramadhan dan menunaikan haji”. Kaum muslimin telah berjima (bersepakat) bahwa puasa pada bulan ramadhan adalah wajib dan barang siapa mengingkarinya maka ia kafir.

Popular posts from this blog

Nama-nama lain Sunnah

Hadis-Hadis tentang kewajiban menuntut ilmu