Skip to main content

Hikmah Menjalankan Puasa Ramadhan


Puasa Ramadhan jika dilaksanakan dengan ikhlas dan sunguh-sunguh mempunyai nilai pahala tinggi yang akan diberikan Allah kepada orang yang menjalankanya diakhirat nanti. Tidak hanya itu, Pelaksanaan Puasa Ramadhan juga memberikan dampak positif dalam kehidupan di dunia. Mulai dari segi jasmani maupun rohani.

Inilah Hikmah puasa ramadhan yang bisa kita peroleh:

Puasa dapat membentuk ketahanan kerohanian yang kuat. Sehingga jika seseorang sudah memilik ketahanan Rohani yang kuat, maka ia akan mampu menghadapi tantangan-tantangan yang dihapainya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan berpuasa Ramdahan 30 hari berturut-turut dapat melatih orang menjadi Sabar selama berpuasa selalu melatih diri menahan hawa nafsu, makan dan minum serta godaan-godaan yang lain. Sehingga kesabaran itu akan semakin memperkuat kerohanian seseorang.
Puasa dapat Menyehatkan Tubuh. Menurut kalan medis asal segala penyakit adalah dari perut. Setiap hari manusia selalu mengisi perut dengan berbagai macam makanan dan tak jarang pulan banyak yang berlebihan dan tidak teratur. Oleh sebab itu mengistirahatkan perut dengan berpuasa dapat menyehatkan kesehatan tubuh kita.
Puasa dapat Menumbuhkan Kedermawanan Seseorang. Dengan berpuasa manusia bisa merasahan haus dan lapar, letih dan dahaga. Ia juga bisa merasakan apa yang dirasakan orang miskin ketika merasakan hal itu. Sehingga akan mampu mengugah hatinya untuk menjadi orang yang dernawan.

Baca Juga : Amalan yang Baik Saat Ramadhan

Popular posts from this blog

Nama-nama lain Sunnah

Hadis-Hadis tentang kewajiban menuntut ilmu