Thursday, 6 September 2012

Sargon dari Akkad

Source Image :computerwallpapers.org
Sargon dari Akkad adalah seorang Raja Semit yang membangun kekaisaran pertama yang sesunguhnya di Mesopotamia. Ia merupakan Raja yang mempersatukan wilayah sumeria dengan ibu Kota yang didirikanya di akkad. Dari catatan sejarah Sargon tumbuh dilingkungan biasa, Awalnya seorang bocah yang diketemukan seorang tukang kebun disungai Eufrat kemudian dirawatnya sampai dewasa. Tak ada yang mengetahui secara pasti siapa ayahnya, Ibunya dikatakan telah menjadi imam wanita di sebuah kota di tengah sungai eufrat.Oleh karena itu Sargon Naik tahta tanpa ada bantuan dari Kaun kerabat yang berpengaruh.

Sargon diberi kedudukan tinggi oleh Urzababa, Penguasanya. Pada suatu saat karena kegalalan militer yang dialami Urzababa dan binggung terhadap pengantinya sargon merebut kekuasaan dan membanggun sebuah ibu kota baru di Akkad.

Dalam sejarah pemerintahanya sargon mula-mula mengalahkan Lugalzaggesi kemudian negara merdeka Summer, Menaklukan penguasa Akkadia yang karismatis yang menguasai Teluk Persia, menaklukan Elam, Tanah pegunungan Iran, Mesopotamia Atas, dan negeri yang sekarang bernama syria (suriah). Kekuasaanya terbentang mulai dari Teluk Persia sampai ke Laut Tengah. beberapa legenda  yang kemudian mengklaim bahwa ia bahkan memperluas daerah taklukanya sampai ke anatolia (Turki) dan menyeberangi laut sampai ke Kreta.

Akibat dari kekuatan militer dan pemerintahanya yang sangat sentralistis, tentunya sulit untuk mengontrol kekuasaan wilayah yang begitu luas. Akhirnya terjadi adanya pemberontakan. Akhirnya dua putranya, Rimush dan manisthushu yang mengantikan dia dan membatu mengontrol kekaisaran selanjutnya.

Baca Juga : Khufu

About the Author

Taufiq Imam

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Sekilastau © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates