Tuesday 23 April 2013

Melakukan Sholat Dhuha


Sholat Dhuha ialah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik, pagi hari mulai jam 7 – 11.30 siang hari. Sekurang-kurangnya sholat sunnah Dhuha dua raka’at dan sebanyaknya delapan raka’at (tiap dua raka’at salam).

Bacaan niat-Nya sebagai berikut:
اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى
Bacaan pada raka’at  pertama membaca surat al-Fatihah  kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Asy-Syams.

Bacaan raka’at  kedua membaca surat al-fatihah setelah itu membaca surat Adl-dhuha.

Setelah selesai Shalat dhuha do’anya adalah sebagai berikut:

اللهم ان الضحاء ضحائك والبهاء بهائك والجمال جمالك والقوة قوتك والقدرة والقدرتك والعصمة عصمتك. اللهم ان كان رزق فى السماء فانزله وان كان فى الارض فاخرجه وان كان فى الماء والبحر فاطلعه وان كان آجلا فعجله وان كان معسرا فيسره وان كان حراما فطهره وان كان بعيدا فقربه وان كان قليلا فكثره وان كان كثيرا فبارك لي فيه واوصله الي حيث كانت ، ولا تنقلنى اليه حيث . كان واجعل يدي العلي بالاعثاء ولا تجعلها السفلى بالاستعطاء انك على كل شيئ قدير بحق ضحائك وبهائك وجمالك وقوتك وقدرتك  وعصمتك ولاحول ولاقوة الا بك آتنى ما آنيت عبادك الصالحين. وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم. والحمد لله رب العالمين.

Artinya:

Ya Allah, ya Tuhan-ku bahwasannya dluha itu dluha Engkau, dan bagus itu bagus Engkau, dan keindahan itu keindahan Engkau, dan kekuatan itu kekuatan itu bagus Engkau, dan kekuasaan itu kekuasaan Engkau, dan pemeliharaan itu pemeliharaan Engkau, Ya Allah ya Tuhanku, jika keadaan rizki ku langit, maka turunkanlah ia, dan jika adanya di dalam bumi, maka keluarkanlah ia, jika adanya di dalam air atau di laut, maka keluarkanlah ia, dan jika lambat percepatlah ia, jika sulit gampangkanlah ia, dan jika haram sucikanlah ia, jika jauh dekatkanlah ia, dan jika sedikit perbanyaklah ia, jika banyak berkahkanlah ia, padaku, dan sampaikanlah dimana saja aku berada, janganlah Engkau pindahkan aku ke tempat itu, dan jadikanlah tangan saya di atas, karena menjadi pemberi dan janganlah tangan saya dijadikan di bawah karena tadi tukang minta. Sesungguhnya engkau di atas tiap-tiap sesuatu maha kuasa. Dengan hak dluha Engkau, dan kebagusan Engkau, dan keindahan Engkau, dan kekuatan Engkau, dan kekuasaan Engkau, dan pemeliharaan Engkau, dan tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Engkau, sampaikanlah kepadaku apa yang Engkau sampaikan kepada hamba-hamba Engkau yang saleh (baik-baik)
Dan sholawat atas Allah pada Nabi Muhammad dan keluarganya beserta para sahabatnya serta keselamatan. Dan puji-pujian bagi Allah, Tuhan ser sekalian alam.


About the Author

Anonymous

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Tau.? © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates