Skip to main content

Amalan Baik di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan pahala. Bulan ramadhan adalah bulan yang baik. Bahkan diibaratkan lebih baik dari pada seribu bulan. Oleh sebab itu melakukan kegiatan yang baik dibulan ramadhan akan memperoleh pahala yang berlipat-lipat ganda.  

Seperti Hadist yang telah diriwayatkan Abu Hurairah:  

"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah  mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa." HR. Ahmad dan an-Nasa`i.

Berikut adalah amalan-amalan yang Baik di Bulan Ramadhan :

Menjalankan Ibadah Puasa

Amalan yang paling baik pada bulan ramadhan adalah berpuasa sebagaimana yang telah diperintahkan Allah dalam surat Al-Baqarah 183 : 
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah:183)

Dan sebagai pelaksanaan rukun iman yang ke empat yang telah di sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW:
Islam didirikan di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak Ilah yang berhak disembah selain Allah I dan Muhammad r adalah rasul Allah , mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi ke Baitul Haram.

Membaca Al-Quran


Bulan Ramadhan adalah bulan dimana Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk untuk umat manusia.  Oleh karena membaca A-quran dan memahami maknanya  akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.
Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan di dalamnya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)” (Al Baqarah : 185)

Al-Quran Juga bisa menjadi syafaat bagi orang-orang yang membacanya pada hari kiamat.

Bacalah Alquran, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya). (HR Muslim).

Melaksanakan Shalat Tarawih 


Shalat Malam adalah amal ibadah yang amat baik saat bulan Ramadhan. Seperti yang telah di sabdakan oleh Nabi Muhammad.
Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, diampuni dosanya yang telah lalu.

Memperbanyak Bersedekah

Bersedekah adalam Kegiatan yang mulia dibulan ramadhan. Menyedekahkan apa yang kita miliki kepada sesama pada saat ramadhan nilainya lebih utama dari pada hari-hari biasa. Hal inipun telah dijelaskan oleh Nabi muhammad SAW saat ditanya oleh salah seorang sahabat.
Diriwayatkan dalam hadist shahih: Rasullah ditanya: “sedekah manakah yang paling utama? beliau menjawab: Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R. Turmudzi).

Memperbanyak Berdiam diri di Masjid (Beriktikaf)

Salah satu Kegiatan yang sering dilakukan Rasulullah adalah beritikaf, seperti yang diceritakan oleh Aisyah RA: 
“Sesungguhnya Nabi SAW selalu i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.


Popular posts from this blog

Nama-nama lain Sunnah

Hadis-Hadis tentang kewajiban menuntut ilmu