Saturday 23 May 2015

Perintah Menjalankan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa yang dilaksanakan olaeh umat islam pada bulan Ramadhan. Puasa pada bulan Ramadhan juga merupakan pelaksanaan salah satu dari rukun Islam yang keempat. Dalam ajaran Islam puasa pada bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan. Jika seseorang tidak menjalankanya maka Allah akan mencatatnya sebagai dosa. Namun jika seseorang tidak mampu melaksanakan puasa ramadhan karena terkendala sakit atau hambatan lainya maka orang tersebut boleh tidak berpuasa namun mempunyai kewajiban mengantinya di bulan yang lain. Proses Pelaksanaan Puasa Ramadahan dilaksanakan dari mulai fajar hingga terbenam matahari.

Perintah Dasar menjalankan Puasa Ramdhan telah tertulis dalam al-quran surat al-Baqarah  ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Setelah membaca ayat diatas perintah menjalankan puasa tidak hanya diperintahkan kepada umat islam saja. melainkan juga telah diperintahkan kepada umat-umat yang bertaqwa kepadanya sejak dahulu kala.


About the Author

Tau

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Tau.? © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates