Tuesday 23 April 2013

Cara Melakukan Sholat Tahajjud


Sholat sunnah Tahajjud dikerjakan pada waktu malam hari pada jam 1-2 malam setelah bangun tidur.Sholat sunnah Tahjjud dilakukan dua raka’at sekurang-kurangnya, dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, (tiap dua raka’at salam).

Bacaan niat Sholat Tahajjud sebagai berikut:
اصلى سنة التهجد ركعتين لله تعالى

Pelaksanaan

Bacaan pada raka’at pertama surat Al-Fatihan Kemudian Surat lainnya (QS. Al-Baqarah ayat: 284-286)

Pada raka’at kedua setelah surat Al-Fatihah surat lainnya (Al-Imran ayat : 18-19-26-27).

Jika ayat-ayat tersebut belum hafal membaca-nya, boleh baca surat (ayat-ayatnya yang dihafal)

Setelah selesai sholat sunnah Tahajjud membaca do’a sebagai berikut:
اللهم لك الحمد انت قيم السموات والارض ومن فيهن ولك الحمد لك ملك السموات والارض من فيهن ولك الحمد نور السموات والارض ولك الحمد انت الحق ووعدك الحق ولقاؤك حق ، وقولك حق والجنة حق ، والنار حق والنبيون ومحمد صلى الله عليه وسلم حق والساعة حق. اللهم لك اسلمت وبك امنت وعليك توكلت واليك انبت وبك خاصمت واليك حاكمت فاغفرلى ماقدمت وما اخرت وما اسررت وما اعلنت انت المقدم وانت المؤخر الا اله الا انت ولاحول ولا قوة الا بك وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين.
Artinya: Ya Allah, ya Tuhan-ku, hanya bagi Engkau segala puji-pujian, Engkau penegak langit dan bumi, dan alam semesta serta segala isinya dan hanya kepada Engkau segala puji-pujian, hanya bagi Engkau-lah kerajaan langit dan bumi dan yang ada di dalamnya. Dan hanya bagi Engkau-lah segala puji, cahaya langit dan bumi, dan hanya bagi Engkau segala puji Engkau-lah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan bertemu dengan Engkau adalah benar, dan firman-Mu adalah benar, dan surga itu adalah benar, dan neraka itu adalah benar, dan Nabi-Nabi itu adalah benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar, dan hari Qiamat itu adalah benar, Ya Allah, ya Tuhan-ku, hanya bagi Engkau aku Islam, dan dengan engkau aku ber-iman, dan hanya kepada engkau aku berserah diri, dan kepada Engkau aku kembali, dan kepada Engkau aku rindu, dan kepada Engkau aku berhukum, ampunilah aku atas kesalahan (dosa) yang berlalu dan yang belum, dan dari dosa yang samar dan yang nyata, Engkau-lah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tidak ada yang disembah hanya Engkau. Dan tidak ada daya upaya, dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Engkau. Dan sholawat atas Allah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya dengan keselamatan, dan puji-pujian bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.

Kemudian membaca istighfar (memohon ampunan) sebagai berikut:
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ
اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبَِيْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِىْ وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِى فَانَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ.

Artinya: saya mohon, ampun kepada -Mu Yang Maha Agung, dan bertaubat kepada-Mu. Ya -Mu, ya -Mu-ku tidak ada -Mu selain Engkau, yang telah menjadikan aku, dan aku adalah hamba-Mu, dan akupun dalam ketentuan-Mu serta janji-Mu apa yang dapat aku lakukan. Saya mohon perlindungan-Mu dari kejahatan apa saja kepada saya, dan saya mengakui akan dosa saya, karena itu berikan ampunan kepada saya, maka sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali engkau…


About the Author

Anonymous

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Tau.? © 2015 - Designed by Templateism.com | Distributed By Blogger Templates