Skip to main content

Asbabun Nuzul

Source Image : nursalimdotorg.fwordpress.com
Asbabun Nuzul Menurut bahasa “Sabab Nuzul” berarti turunnya ayat-ayat Al-Quran. Sedangkan menurut istilah Asbabun nuzul adalah sesuatu kejadian yang terjadi di zaman Nabi Saw, atau sesuatu pertanyaan yang di hadapkan kepada Nabi dan turunlah suatu atau beberapa ayat dari Allah Swt yang berhubungan dengan kejadian itu, atau dengan penjawaban pertanyaan itu baik peristiwa itu merupakan pertengkaran, ataupun merupakan kesalahan yang dilakukan maupun merupakan suatu peristiwa atau suatu keinginan yang baik .

Dalam pengertian sederhana turunnya suatu ayat disebabkan oleh suatu peristiwa, sehingga tanpa adanya peristiwa itu, ayat tersebut itu tidak turun. Kendatipun redaksinya pendefinisian di atas berbeda namun hal itu menyimpulan bahwa Asbab An-Nuzul adalah kejadian atau peristiwa yang melatarbelakangi turunnya Al Qur’an.

Bentuk-bentuk peristiwa yang melatar belakangi turunnya Al Qur’an itu sangat beragam , diantaranya berupa konflik sosial seperti ketegangan antara suku aus dan suku khazraj, kesalahan besar seperti seorang sahabat yang mengimami shalat dalam keadaan mabuk, dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para sahabat kepada Nabi, baik berkaitan dengan sesuatu yang telah lewat sedang atau yang akan terjadi.

Popular posts from this blog

Nama-nama lain Sunnah

Hadis-Hadis tentang kewajiban menuntut ilmu